My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Monday, June 8, 2015

Tarkh Nabawi : Sebelum Nabi Muhammad Lahir



Rendahnya Derajat Manusia Secara Umum
         Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT tidak hanya untuk bangsa Arab saja, namun juga kepada seluruh manusia di dunia ini. Pada saat Nabi Muhammad SAW diutus sebagai Rasulullah, manusia pada zaman itu telah merusak tatanan dunia dan moralnya bejat, sehingga mereka mempunyai derajat yang sangat rendah.
       Berkenaan dengan peristiwa yang demikian ini, Allah SWT telah berfirman dalam Surat Ar-Ruum :
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan Allah).

Rusaknya Moral Bangsa Arab
       Pada masa itu, moral bangsa Arab juga rusak sampai-sampai melenceng dari akal pikiran yang manusiawi. Kebiasaan minum-minuman keras yang nyata-nyata bisa merusak akal pikiran mereka jadikan sebagai sebuah kebanggaan; para wanita bertempat tinggal di tempat-tempat pelacuran; kaum laki-laki bebas berpoligami tanpa ada batasan; sya’ir-sya’ir yang berkaitan dengan rahasia-rahasia wanita diperdengarkan di jalan-jalan dan di tempat-tempat keramaian.

Kaum Wanita Diperlakukan Layaknya Harta Warisan
       Pada masa itu, tidak ada peraturan ataupun undang-undang yang melindungi hak-hak wanita, bahkan mereka diperlakukan layaknya harta warisan. Misalnya; jika ada seorang wanita mempunyai anak tiri laki-laki, kemudian suami wanita itu meninggal dunia, maka secara otomatis wanita tadi diwarisi oleh anak tiri tersebut. Baik dia sendiri yang menikahi ibu tirinya itu, ataupun dinikahkan dengan orang lain. Semua itu tergantung pada si anak tiri tadi.

Kerusakan ‘Aqidah
       Sebelum datangnya agama Islam, mayoritas bangsa Arab itu menyembah berhlaa, sehingga Ka’bah dikelilingi oleh berhala-berhala yang banyak. Bangsa Arab saat itu juga banyak yang mempercayai tahayyul. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW sangat berat untuk menyeru mereka beribadah kepada Allah SWT.
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment