My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Thursday, June 18, 2015

Ngaji Hari Ini: Orang Yang Memberi Buka Puasa Kepada Orang Yang Berpuka Dan Fadhilah Orang Berpuasa Yang Di Sampingnya Ada Orang Makan; Do'a Orang Yang Makan Di Samping Orang Yang Berpuasa; Apa Yang Diucapkan Orang Yang Berpuasa Ketika Diundang Untuk Makan Atau Walimah

1.    Zaid bin Khalid Al-Juhany RA meriwayatkan bahwasanya Nabi SAW pernah bersabda: Barang siapa memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut. (HR. At-Tirmidzi). At-Tirmidzi menilai Hadits ini sebagai Hadits Hasan Shahih
2. Ummu 'Umarah binti Ka'ab Al-Anshary RA meriwayatkan bahwasanya Nabi SAW pernah berkunjung kepadanya, lalu Ummu 'Umarah menghidangkan makanan kepada beliau. Nabi SAW bersabda: Makanlah. Ummu 'Umarah RA menjawab: Sesungguhnya saya sedang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya orang yang berpuasa itu akan dimintakan ampunan oleh malaikat, jika ada orang makan di sampingnya, hingga mereka (orang yang makan itu) selesai makan. Atau Nabi SAW bersabda: Hingga mereka kenyang. (HR. AT-Tirmidzi). At-Tirmidzi menilah Hadits ini sebagai Hadits Hasan.
3.  Anas RA meriwayatkan bahwasanya Nabi SAW datang kepada Sa'ad bin 'Ubadah RA. Kemudian Sa'ad menghidangkan roti dan minyak zaitun. Nabi SAW memakan hidangan itu dan bersabda: Orang-orang yang berpuasa telah berbuka di samping kalian; orang-orang yang bagus (abraar) telah memakan hidangan kalian; dan para malaikat telah memintakan ampunan bagi kalian. (HR. Abu Daud dengan sanad Shahih)
4. Buraidah bin Al-Hashiib RA berkata: Rasulullah SAW bersabda kepada Bilal: Ambilkan makanan wahai Bilal. Bilal menjawab: Sesungguhnya saya sedang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda: Kami memakan rezeki kami, sedangkan keutamaan Bilal ada di surga nanti. Apakah engkau merasa wahai Bilal, bahwa sesungguhnya orang yang berpuasa itu tulang-tulangnya bertasbih; malaikan memohonkan ampunan untuknya, ketika ada seseorang makan di hadapan orang yang berpuasa tadi. (HR. Ibnu Majah)
5.  Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang di antara kalian diundang (menghadiri suatu acara), maka hendaklah dia mendatangi undangan itu. Jika dia tidak berpuasa, maka dia boleh memakan hidangannya nanti; jika dia berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya. (HR. Abu Daud)   
6.  Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang di antara kalian diundang untuk makan, sedangkan dia sedang berpuasa, maka hendaklah dia menjawab; Sesungguhnya saya sedang berpuasa. (HR. Abu Daud)

7.   Jabir RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa diundang, lalu diundang untuk makan, sedangkan dia berpuasa, maka hendaklah dia memenuhi undangan itu. Jika dia berkehendak, dia boleh memakan hidangannya nanti; dan jika dia berkehendak, dia boleh tidak memakannya. (HR. Ibnu Majah)

Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment