My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Saturday, June 20, 2015

Ngaji Hari Ini: "Putra-Putri Rosulullah"

Setelah Rasulullah SAW menikahi Khadijah RA, Allah SWT menganugerahi beberapa putera-puteri; {mereka adalah Qasim, Abdullah, Ibrahim, Zainab, Ruqayyah, Ummi Kultsum dan Fathimah}.
       Putera Nabi SAW yang pertama adalah Al-Qasim. Beliau dilahirkan sebelum masa kenabian. Nabi SAW diberi nama kunyah dengan sebutan Abul Qasim. Dan Al-Qasim ini wafat pada saat usia 2 tahun.
       Kemudian Zainab {puteri sulung Nabi SAW. Zainab dilahirkan pada saat Nabi SAW berusia 30 tahun. Zainab ini menemui masa Islam, turut hijrah ke Madinah dan wafat pada tahun 8 H di samping suami sekaligus putera pamannya, Abu Al-'Ash Laqiith bin Ar-Rabi'. Zainab hijrah sebelum suaminya, dan Zainab meninggalkan suaminya karena kemusyrikannya. Lalu suaminya masuk Islam, akhirnya Rasulullah SAW mengembalikan Zainab ke pangkuan suaminya dengan pernikahan yang lama. Menurut pendapat lain: Dengan pernikahan yang baru. Zainab melahirkan Ali, namun dia wafat ketika masih kecil. Lalu melahirkan Umamah yang kemudian dinikahi oleh 'Ali bin Abi Thalib RA pasca wafatnya Fathimah RA}.
       Ruqayyah. {Dilahirkan pada saat Nabi SAW berusia 33 tahun. Dinikahi Utsman bin 'Affan dan pernah hijrah dua kali bersamanya. Ruqayyah mempunyai kecantikan yang mengagumkan. Beliau wafat ketika Nabi SAW sedang berada di medan Badar. Ketika Ruqayyah wafat, Utsman meminang puteri Umar RA, Hafshah. Kemudia berita itu sampai kepada Nabi SAW, akhirnya beliau bersabda: Wahai Umar, maukah saya tunjukkan kepadamu, yang lebih baik dari Utsman dan saya tunjukkan kepada Utsman yang lebih baik baginya. Umar RA menjawab: Tentu, wahai Nabiyullah. Nabi SAW bersabda: Nikahkanlah aku dengan puterimu, dan aku akan menikahkan Utsman dengan puteriku. Akhirnya Nabi SAW menikahkan Utsman dengan Ummi Kultsum}.
       Ummi Kultsum {yang menjadi istri Utsman bin 'Affan. Beliau dinikahi oleh Utsman pada tahun 3 H, lalu wafat pada tahun 9 H; Nabi SAW duduk di samping makam beliau dengan berlinang air mata}.
       Fathimah {dilahirkan 5 tahun sebelum masa kenabian. Menurut satu riwayat: dilahirkan satu tahun sesudah masa kenabian. Beliau diberi nama Fathimah karena Allah SWT membebaskan beliau dan keturunannya dari api neraka pada saat hari qiyamat. Disebut dengan Batuul, karena keunggulan beliau dibandingkan dengan wanita-wanita pada masanya dalam hal keutamaan, agama dan keturunan. Menurut sebuah riwayat: dikarenakan terputusnya Fathimah dari perkara duniawi dan hanya beribadah kepada Allah SWT. Fathimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib pada tahun 2 H melalui perintah Allah SWT dan wahyu-Nya. Fathimah merupakan anggota keluarga yang paling dicintai oleh Nabi SAW. Fathimah wafat sesudah wafatnya Nabi SAW dengan selisih 6 bulan. Beliau wafat pada malam selasa, hari ketiga bulan Ramadhan tahun 11 H. beliau melahirkan Hasan, Husain, dan Muhsin; namun Muhsin meninggal dunia ketika masih kecil. Kemudian melahirkan Ummi Kultsum dan Zainab. Rasulullah SAW tidak mempunyai keturunan kecuali dari puteri beliau, Fathimah. Keturunan Nabi SAW berasal dari dua putera, Hasan dan Husain saja}.
       Kemudian putera yang dilahirkan pada masa Islam, Abdullah {lahir di Makkah, namun wafat ketika masih kecil}. Beliau disebut dengan Thayyib Thahir karena lahir sesudah masa kenabian.
       Ibrahim {dilahirkan di Madinah pada bulan Dzulhijjah tahun 8 H}. beliau wafat pada tahun 10 H ketika masih berusia 17 atau 18 bulan. {Nabi SAW menshalati beliau dan dimakamkan di makam Baqi'}.

       Semua putera-puteri Nabi SAW adalah dari Khadijah RA, kecuali Ibrahim yang merupakan putera Mariyah Al-Qibthiyah. Mereka semua wafat sebelum Nabi SAW, kecuali Fathimah RA. Sesungguhnya Fathimah RA hidup sesudah wafatnya Nabi SAW, selama 6 bulan menurut pendapat yang paling shahih lagi masyhur, sebagaimana yang kami jelaskan di atas.

Semooga ilmu kita bermanfaat, terima kasih untuk Hadhratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari dan terimakasih untuk Ustdz Muhammad Rosyidin. 
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment