My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Saturday, January 3, 2015

Teori Belajar Menurut Honey dan Mumford

  1. Teori Belajar Humanistik Menurut Pakar

      Ayo Di baca...:)

    Berdasarkan teori Kolb ini, Honey dan Mumford membuat penggolongan siswa menjadi empat macam, yaitu tipe siswa aktivis, reflektor, teoritis dan pragmatis.1
  2. Tipe siswa aktivis bercirikan mereka yang suka melibatkan diri pada pengalaman-pengalaman baru. Mereka cenderung berfikiran terbuka dan mudah diajak berdialog. Namun, siswa semacam ini biasanya kurang skeptip terhadap sesuatu. Kadang identik dengan sifat mudah percaya. Dalam proses belajar, mereka menyukai metode yang mampu mendorong seseorang menemukan hal-hal baru, seperti brainstroming atau problem solving. Akan tetapi, mereka akan cepat merasa bosan dengan hal-hal yang memerlukan waktu lama dalam implementasi.
  3. Tipe siswa reflektor adalah sebaliknya. Mereka cenderung sangat berhati-hati mengambil langkah. Dalam proses pengambilan keputusan, siswa tipe ini cenderung konservatif, yaitu mereka lebih suka menimbang-nimbang secara cermat, baik buruk suatu keputusan.
  4. Tipe siswa teoritis biasanya sangat kritis, senang menganalisis, dan tidak menyukai pendapat atau penilaian yang sifatnya sangat subjektif. Bagi mereka, berfikir secara rasional adalah sesuatu yang sangat penting. Mereka juga biasanya sangat skeptik dan tidak menyukai hal-hal yang bersifat spekulatif.
  5. Tipe siswa pragmatis biasanya menaruh perhatian besar pada aspek-aspek praktis dari segala hal. Menurut mereka, teori memang penting, namun apabila teori tidak dipraktikkan, tidak akan berhasil. Siswa tipe ini suka berlarut-larut dalam membahas aspek teoritis filosofis dari sesuatu.
1 Thobroni, Muhammad dan Mustofa,, hlm.160


Allhu a'lam

0 comments :

Post a Comment