Kolb membagi tahapan belajar menjadi empat tahap, yaitu sebagai
berikut.
- Tahap Pengalaman Konkret
Pada
tahap paling dini dalam proses belajar, seorang siswa hanya mampu
sekedar ikut mengalami suatu kejadian. Dia belum memiliki kesadaran
tentang hakikat kejadian tersebut. Dia pun belum mengerti bagaimana
dan mengapa suatu kejadian harus terjadi seperti itu.
- Pengalaman aktif dan Reflektif
Pada tahap kedua, siswa mulai mampu mengadakan observasi terhadap
suatu kejadian dan mulai berusaha memikirkan dan memahaminya.
- Konsepualisasi
Pada
tahap ketiga, siswa mulai belajar membuat abstraksi atau teori
tentang suatu hal yang pernah diamatinya. Siswa diharapkan mampu
membuat aturan-aturan umum (generalisasi) dari berbagai contoh
kejadian yang meskipun tampak berbeda-beda, mempunyai aturan yang
sama.
- Eksperimentasi Aktif
Pada
tahap akhir, siswa mampu mengaplikasi suatu aturan umum ke situasi
yang baru. Misalnya, dalam Matematika, asal usul sebuah rumus. Akan
tetapi, ia juga mampu memaknai rumus tersebut untuk memecahkan
masalah yang belum pernah ia temui sebelumnya.
Menurut
Kolb, sistem belajar semacam ini terjadi secara berkesinambungan dan
berlangsung tanpa disadari siswa.
Allahu a'lam
0 comments :
Post a Comment