My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Saturday, January 3, 2015

Teori Belajar Menurut Kolb

  1. Teori Belajar Humanistik Menurut Pakar

  1. Kolb

Kolb membagi tahapan belajar menjadi empat tahap, yaitu sebagai berikut.
  1. Tahap Pengalaman Konkret
Pada tahap paling dini dalam proses belajar, seorang siswa hanya mampu sekedar ikut mengalami suatu kejadian. Dia belum memiliki kesadaran tentang hakikat kejadian tersebut. Dia pun belum mengerti bagaimana dan mengapa suatu kejadian harus terjadi seperti itu.
  1. Pengalaman aktif dan Reflektif
Pada tahap kedua, siswa mulai mampu mengadakan observasi terhadap suatu kejadian dan mulai berusaha memikirkan dan memahaminya.
  1. Konsepualisasi
Pada tahap ketiga, siswa mulai belajar membuat abstraksi atau teori tentang suatu hal yang pernah diamatinya. Siswa diharapkan mampu membuat aturan-aturan umum (generalisasi) dari berbagai contoh kejadian yang meskipun tampak berbeda-beda, mempunyai aturan yang sama.
  1. Eksperimentasi Aktif
Pada tahap akhir, siswa mampu mengaplikasi suatu aturan umum ke situasi yang baru. Misalnya, dalam Matematika, asal usul sebuah rumus. Akan tetapi, ia juga mampu memaknai rumus tersebut untuk memecahkan masalah yang belum pernah ia temui sebelumnya.
Menurut Kolb, sistem belajar semacam ini terjadi secara berkesinambungan dan berlangsung tanpa disadari siswa.

Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment