My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Monday, June 8, 2015

Kitab Fathul Majid: 50 ‘aqidah



 Sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz itu membutuhkan definisi, karena dalam menghukumi suatu hal ataupun suatu cabang, harus diketahui tashawwur-nya (hakikat dari suatu hal) terlebih dulu. Jadi, Anda tidak bias menghukumi suatu hal itu wajib, mustahil, ataupun jaiz, sampai Anda mengetahui pengertian dari hal yang dimaksud. Oleh karena itu, saya mengawali pembahasan kitab ini dengan membahas definisi-definisi wajib, mustahil, dan jaiz. Berikut ini akan kami kemukakan beberapa definisi;
a.    Sifat Wajib adalah sifat yang tidak mungkin ketiadaannya. Misalnya; tubuh pasti bertempat. Dzat dan Sifat Allah SWT tidak mungkin tidak ada. Masing-masing dari dua hal ini tidak mungkin ketiadaannya.
b.    Sifat Mustahil adalah sifat yang tidak mungkin keberadaannya. Misalnya; tubuh yang tidak bertempat. Allah SWT mempunyai sekutu.
c.    Sifat Ja’iz adalah sifat yang mungkin ada dan mungkin tidak ada. Contoh: Terutusnya para Rasul AS, pahala bagi orang yang taat (kepada Allah SWT), Zaid mempunyai anak.

       Sedangkan perincian dari sifat-sifat di atas adalah sebagai berikut:
Allah SWT mempunyai 20 sifat wajib yang tidak mungkin ketiadaannya.
Allah SWT mempunyai 20 sifat mustahil yang tidak mungkin keberadaannya.
- Allah SWT mempunyai 1 sifat ja’iz.
       Jadi jumlah sifat bagi Allah SWT secara keseluruhan adalah sebanyak 41 sifat. Adapun penjelasan tentang sifat Rasul adalah:
Rasul AS mempunyai 4 sifat wajib yang tidak mungkin ketiadaannya
Rasul AS mempunyai 4 sifat mustahil yang tidak mungkin keberadaannya
Rasul AS mempunyai 1 sifat ja’iz.
Jadi jumlah sifat bagi Rasul AS secara keseluruhan adalah sebanyak 9 sifat.
          Selanjutnya 41 sifat bagi Allah SWT ditambah dengan 9 sifat bagi Rasul AS, sehingga jumlahnya genap menjadi 50 sifat. Inilah yang kemudian disebut dengan 50 ‘aqidah

Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment