My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Wednesday, June 15, 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Kelas 2 Semester 1 (Subtema 1 dan 2)

RPP sangat diperlukan sebelum melakukan pembelajaran di kelas agar semua pembelajaran dilakukan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sehingga pesera didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dalam RPP pembelajaran tematik sangat berbeda dengan RPP di KTSP. Jika dalam K-13/tematik ada beberapa tema dan setiap tema di dalamnya terdapa beberapa subtema. Lah di subtema inilah nanti ada beberapa pembelajaran. Setiap subtema biasanya dihabiskan dalam seminggu/5 hari. Jadi RPP dibuat setiap pembelajaran. Jadi idealnya karena satu subtema ada 5 pembelajaran, maka setiap subtema memerlukan 5 RPP.
Berikan saya akan menshare contoh RPP yang saya buat, kali ini saya membuat tema Aku dan Sekolahku untuk subtema1 dan subtema 2, jadi ,total ada 10 RPP. Di dalam RPP memakai pendekaan saintifik yang di dalamnya ada unsur 5M (Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, Mengasosiasi= mengolah, menyaji, atau menciptakan) dalam setiap langkah pembelajaran.
Berikut RPP bisa di klik sesuai pembelajaran yang diinginkan dan di download. Download akan mudah karena sudah saya share di akun dropbox saya.

dropbox saya

 Tema “Aku dan Sekolahku” Subtema 1
1.      Pembelajaran 1
2.      Pembelajaran 2
3.      Pembelajaran 3
4.      Pembelajaran 4
5.      Pembelajaran 5   

Tema “Aku dan Sekolahku” Subtema 2
1.      Pembelajaran 1
2.      Pembelajaran 2
3.      Pembelajaran 3
4.      Pembelajaran 4
5.      Pembelajaran5

Karena karakeristik siswa setiap  sekolah berbeda maka disarankan unuk mengedit beberapa langkah pembelajaran sesuai dengan karakeristik siswa masing-masing sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Allahua’lam

0 comments :

Post a Comment