My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Friday, June 24, 2016

Program Semester SD K-13

Program semester atau biasanya disebut promes/ prosem itu program yang isinya garis-garis besar yang akan dilaksanakan dalam satu semester, jika dalam KTSP itu ada beberapa KD apa saja serta perencanaan kapan KD tersebut akan diajarkan dalam satu, tapi dalam K-13 kan bebrapa mapel digabung menjadi satu tema dan tiap ema ada yang namanya subtema, jadi di promes K-13 bukanlagi KD melainkan nanti ada tema dan subtema yang akan diberikan dalam satu semester, nanti dibagi kira-kira berapa alokasi waktu yang dibuhkan. Setiap subtema biasanya alokasi waktu yang dibutuhkan berbeda tergantung dari seberapa sulitnya materi dalam subtema tersebut dan seberapa padat dan mendalamnya materi dalam subtema. O..iya alokasi waktunya itu tiap subtema diisi buka tiap tema jadi akan lebih detail. 
            Untuk menentukan alokasi waktu dalam program semseter akan lebih enak jika kita lihat kalender pendidikan dan menghitung kira-kira waktu efektif pembelajaran dalam satu semester itu berapa. Biasanya minggu-minggu awal masuk ahun ajaran baru atau setelah libur semester itu tidak dihitung jarena biasanya minggu-minggu awal itu nggak efektif, tapi itu tergantung masing-masing sekolah.
            Untuk selengkapnya mungkin bisa didownload contoh dan format program semester K-13 dalam dropbox saya yang sudah saya upload barusan. Hanya silahkan klik link berikut:

Ingat..Ilmu iu perlu dishare supaya bisa bermanfaat. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment