My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Tuesday, December 22, 2015

Yakinlah Ada Kebermaknaan Ketika Memilih Profesi ini


            Lulus dengan gelar sarjana pendidikan dan berkecimpung di dunia pendidikan sangat membutuhkan semangat dan keikhlasan yang super maksimal. Jika teman jurusan lain bekerja dikantoran dengan AC dan gaji yang cukup memadahi. Aku malah memilih jalan ini, mengabdi di sekolah. Rasa kekurangan, gaji yang minim, keteguhan untuk berhemat, keinginan membeli makanan yang disukai tapi tak dapat dibeli, dan seterusnya.  

            Dua tahun lalu, masih saya ingat dengan jelas, bahkan sangat terngiang di telinga saya tenang gaji seorang guru. Tapi tak saya sangka seminim ini. Saya benar-benar merasakannya. Rasa tidak dihargai apa yang saya lakukan, apa yang saya kerjakan, dan apa yang saya bagikan kepada mereka (muridku tercinta), terus ada dalam hati yang terdalam. 

            Pada akhirnya ada seseorang yang datang dan berkata, “Jika kamu merasa apa yang kamu dapakan tak sebanding dengan apa yang kamu lakukan, percayalah Allah akan membalas semuanya dengan kebaikan”

Kata itu menjadi motivasi tersendiri dalam hati. Hati dan pikiran mencoba untuk mengikhlaskan.

            Pada hari-hari berikutnya, seseorang itu juga berkata, “Carilah rezeki diluar dari mengajar dan mendidik”

Dari hal itu, membuatku mengerti bahwa initinya kita harus mencari pekerjaan atau hal lain diluar sekolah.

“Memilih untuk menjadi guru tidak menjadikan saya kaya (kata2 dari seseorang). Tapi dengan profesi ini semua akan bermakna.”

Karena berbagi ilmu adalah pekerjaan yang mulia, saya akan berusaha tetap dalam jalur saya ini. Rasa yakin akan datang kebaikan dengan saling berbagi ilmu Insya Allah akan tetap terjaga disini, dalam hati. Amiin. :)
 
 

saat mereka beristirahat, bermain

saat mereka ujian semester ganjil

saat mereka latihan untuk pementasan pengambilan rapot
 
Semoga akan selalu terjaga niat baik ini.

 
Allahu a’lam

2 comments :