My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Tuesday, December 29, 2015

Anjuran untuk adzan (ألـتــرغــيـب فـي الأذان)

قــال الله تـعــالى : (( ومـن أحـسـن قــولا مـمـن دعــا إلـى الله وعــمـل صـالـحــا، وقــال إنـنـي مـن الـمـسـلـمـيــن )) .

         Allah SWT berfirman (yang artinya) : “Siapakah yang lebih baik perkataannya dibanding orang yang menyeru kepada Allah (SWT), dan mengerjakan amal shalih, dan berkata (berikrar) : ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (kaum muslimin) . [1]

 

وعــن إبـن عــمـر رضي الله عــنهـمـا قـال : قــال رسـول الله صــلـى الله عـلـيــه وســلــم : (( يـغـفــرلـلـمــؤذن مـنـتـهـى أذانــه، ويـسـتـغـفــرلــه كــل رطــب ويـابـس سـمـعــه )) . رواه أحـمــد بـإسـنـاد صـحـيـح، والـطـبــراني فـي ( الـكـبـيـر ) .

         Ibnu Umar Ra. berkata ; Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang adzan akan diampuni dosanya sampai dia adzannya selesai, dan setiap benda padat maupun benda cair akan memintakan ampunan baginya setelah ‘mereka’ mendengar adzan (yang dia kumandangkan)”. (HR. Ahmad dengan sanad yang shahih, dan HR. Ath-Thabarani dalam kitab Al-Kabir . [2]



[1]           Anjuran untuk adzan
         Lafadz ومـن أحـسـن قــولا berarti ; Tidak ada ucapan seseorang yang lebih baik dari pada seruan kepada agama Allah dengan ketauhidan. Lafadz وعــمـل صـالـحــا berarti ; amal shalih yang diridhai oleh Allah SWT.
 
[2]           Lafadz يـغـفــرلـلـمــؤذن  berarti ; seorang muadzin akan diampuni dosanya, selagi dia adzan. Maksudnya – dan Allah SWT yang lebih mengetahui maksudnya – ; sesungguhnya seorang muadzin memperoleh keberuntungan berupa ampunan dari Allah Azza wa Jalla, ketika dia mengerahkan kemampuannya untuk mengeraskan suara, dan ampunan Allah SWT akan mencapai batas paling maksimal sesuai dengan batas maksimal suara muadzin (semakin keras suara adzan, maka ampunan yang dia terima juga lebih banyak). Menurut pendapat lain, yang dimaksud Hadits ini adalah ; Apabila antara muadzin dan suatu tempat – yang masih bisa mendengar suara adzan dari muadzin tersebut – dipenuhi oleh dosa-dosa, maka dosa-dosa itu akan diampuni oleh-Nya, dan Hadits ini memberi perumpamaan saja. Dan pendapat pertama lebih mendekati pada kebenaran. Lafadz ويـسـتـغـفــرلــه كــل رطــب  berarti ; sesuatu yang lunak dan tidak keras sama sekali (zat cair). Sedangkan lafadz ويـابـس  berarti ; benda padat atau keras (الجـامـد) . Dan permintaan ampunan (oleh zat cair dan zat padat) dalam Hadits ini adalah istighfar dalam arti yang sebenarnya (haqiqi), meskipun kita tidak bisa mengetahui hakikatnya. Pengertian ini didasarkan pada makna lahir dari Hadits ini.
 
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment