My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Wednesday, December 30, 2015

Turunnya Wahyu Pertama


Setelah genap berusia 40 tahun, Nabi SAW diutus sebagai Rasul oleh Allah SWT untuk menyebarkan Islam kepada seluruh dunia. Sebelum menerima wahyu, terlebih dulu beliau mengalami mimpi-mimpi yang indah. Kemudian beliau melakukan ’uzlah (menyendiri) di gua Hira untuk beribadah (tahannuts) siang-malam.

         Pada suatu saat, Nabi SAW didatangi oleh Jibril AS yang membawa wahyu pertama berupa Surat Al-’Alaq Ayat 1-5. Setelah itu beliau pulang ke rumahnya dalam keadaan gemetar, lalu beliau menyampaikan kejadian itu kepada sang istri, Khadijah RA. Kemudian Khadijah RA berujar; ”Engkau tidak perlu susah, Allah SWT tidak akan berbuat jelek kepada orang yang ahli merajut tali silaturrahim, suka menolong, suka menghormati tamu. Engkau sama sekali tidak akan mengalami hal-hal buruk, syaitan tidak akan menggota engkau. Sesungguhnya Engkau memang sudah dipilih oleh Allah agar berdakwah kepada kaum Anda”. Untaian kata ini membuat hati Nabi SAW menjadi tentram.

         Khadijah RA mengajak Nabi SAW kepada putra pamannya yang bernama Waraqah bin Naufal, seorang ahli menulis kitab dengan bahasa Ibrani. Setelah diberi-tahu panjang lebar, Waraqah berkata: ”Wahai Muhammad, Yang datang kepada Engkau (yaitu Jibril) itu sama dengan makhluk yang mendatangi nabi Musa AS dan para Nabi yang lain”. Keterangan ini semakin membuat hati beliau menjadi tentram.

 

Wahyu turun terlambat

         Setelah Nabi Muhammad SAW memperoleh wahyu pertama, beliau tidak lagi menerima wahyu dalam kurun waktu 40 hari. Pada suatu hari, Rasululullah SAW mendengar suara dari langit. Ketika melihat ke atas, tiba-tiba ada malaikat sudah ada di gua Hira. Seketika itu beliau lari ke rumah beliau dan meminta Khadijah RA untuk menyelimuti beliau. Sesaat kemudian, turunlah Jibril AS dengan membawa wahyu berupa Surat Al-Muddatsir 1-7.
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment