My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Sunday, July 19, 2015

Tahapan Penyelesaian Proposal Skripsi

Begitu susahnya dalam menyelesaikan tugas akhir, itulah yang kualami. Berbagai cobaan, bahkan masalah masalah terus membebani saat itu. Ada perasaan takut, sedih. Semuanya tercampur aduk.

Tapi, saat itu selalu berusaha adalh hal yang kulakukan. Pasti ada jalan. Ingat Allah. Pastj semua bisa dilaui. :)

Berbagai tahapan yang kulalui ketika harus menyelsaikan proposal skripsi ini:
1. Observasi atau pengamatan di sekolah yang ingin dijadikan objek dalam mencari masalah untuk dapat diangkat menjadi judul skripsi. Untuk penelitian kualitatif proses ini sangat wajib dilalui.

2. Menganalisa hasil temuan masalah dilapangan sehingga dapat dijadikan judul. Membuat judul haruslah yang unik, menarik dan berbeda dari penelitian lain. Misalnya ketika aku ke sekolah, beberapa siswa tidak mengenal budayanya sendiri. Maka buat saja solusi dari masalah tersebut. Misalnya pembeljran yang diselipkan budaya atau memakai penelitian r&d yaitu mwmbuat media ataupun buku ajar yang berbasis budaya. Inilah judul yang aku angkat dalam karya ilmiahku.

3. Judul yang dibuat segera tunjukkan ke dosen wali/dosen pembimbing. Judul yang dibuat setidaknya harus lebih dari satu. Supaya jika judul yang pertama tidak disetujui bisa ada alternatif judul yang ke 2. Jika dua judul/lebih yang disodorkan ke dosen tidak disetujui, cobalah meminta saran bagaimana baiknya. Tanyakan apa yang perlu ditanyakan. Jangan pernah gentar apalagi takut untuk tanya.

3. Jika judul tidak kunjung di acc. Segera cari judul lain dan temui dosen tersebut. Waktu dari awal pengajuan judul yang gagal dan judul baru yang diajukan usahakan jangann terlau lama. Supaya dosen tidak lupa wajah kita. Sehingga dosen dapat menilai keseriusan kita untuk segera menyelesaikan studi. Jika gagal terus coba dan harus sellau intensif untuk bertemu dan meminta saran. Pasti jika sering ketemu dosen akan berfikir kita serius dan segera akan memberi saran yang terbaik untuk judul yang akan kita buat skripsi nanti.

4. Setelah judul di acc, segera buat bab 1 yang terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dll. Dan sesegera mungkin konsultasikan bab 1 tersebut kepada dosen ppembimbing/dosen wali. Biasanya disuruh nunggu beberapa hari untuk mengoreksi tiap bab, sambil menunggu segera pergi ke perpus atau toko buku untuk mencari referensi u tuk dijadikan bab 2. Tapi ada juga beberapa dosen pembimbing yang harus menyelesaikan bab 1 sampai bab 3 dulu baru boleh konsultasi. Jika seperti itu, segera buat bab 1 sampai bab 3 dengan baik dan sesegera konsultasikan. Kamu harus buat deadline untuk mwngerjakan ini. Jangan sampai ada sedikitpun rasa malas dalam pikirian dan hatimu.

5. Jika ada revisi, ikuti saja apa yang harus direvisi sesuai dengab saran dosen. Jangan sampai mencoba membantah revisian tersebut dengan adu mulut dengan dosen. Karena dosen lebih tahu daripada kita. Ingat itu. Ikuti saja apa maunya. Iyakan semua maunya supaya cepat selesai.

6. Revisian segera selesaikan dan segera konsultasikan. Jika ada revisi ikuti saja. Ikuti apa yang dimau dosen. Hanya sabar, ikhlas, semangat, berdoa.

7. Revisi selesai dan bab 1-3 sudah di acc. Segera daftar proposal skripsi. Dalam proposal biasanya bentuknya tidak dalam bentuk bab. Tapi hanya bentuk a.b.c. bukan bab. Segera edit dan daftar.

8. Sambil nunggu kapan ujian proposal, coba ke sekolah untuk mengatur jadwal kapan dapat penelitian serta jangan lupa segera urus surat izin penelitian dari fakultas, karena biasanya surat ijin akan dicantumkan dalam lampiran skripsi. Jika penelitian r&d yang membuat buku atau media segera buat buku atau media dan sesegera mungkin divalidasi ahli dan direvisi sesuai dwngan saran validator.

9. Ujian proposal sudah ada pengumumannya kapan. Segera persiapkan. Semangat. Berdoa. Dan yakin hanya revisi sedikit.

Semoga sukses. Itulah tahapa umum dalam menyelesaikan proposal skripsi.

Allahu a'lam..

0 comments :

Post a Comment