My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Monday, December 24, 2018

Cintalah yang Memahamkan Siswa tentang Matematika, Let's love Math!


Saya sadar sepenuhnya mereka tidak begitu menyukai matematika. Lalu apa yang melatar belakangi merek tidak suka? Saat itu mulai berpikir kenapa, kok bisa, apa yang menjadi alasannya, apakah karena guru yang kurang jelas menerangkan atau karena memang pelajaran matematika yang bener bener sulit ?

Untuk menjawab pertanyaan dan kegalauan pikiran tentang hal tersebut, rasanya dikelas perlu dibuat papan berisi isi hati mereka tentang matematika. Atau kalau itu tidak memungkinkan perlu di tanyai langsung, tapi agar mereka menjawab dengan jujur bisa kita coba bertanya dengan maksud tidak bertanya sehingga mereka tidak terbebani dengan pertanyaan tentang matematika. Misalnya sambil dengan lelucon, bergurau, atau saat bicara santai dengan anak2.

Kedua ide untuk mengetahui kenapa kok gak suka matematika, berhasil saya lakukan, and I can something new.
1. Sejak kecil mereka selalu diberi doktrin oleh sekitar bahwa matematika itu sulit
2. Karena doktrin sudah melekat, maka mereka tidak suka matematika, kenapa? Karena sulit. Padahal mereka belum memulai matematika, mereka sudah mulai merasa kesulitan.
3. Karena ada pikiran matematika sulit akhirnya mereka membenci matematika
4. Ketika mereka membenci matematika, maka apapun yg di katakan matematika selalu tak bisa diterima otak dengan baik.
5. Karena otak sudah sulit menerima, alhasil matematika akan benar benar sulit, padahal matematika itu mudah.
6. Ketika mereka mulai kesulitan mengerjakan soal matematika, nilai akan jelek dan mereka akan memang benar2 berpikir matematika sulit
7. Karena nilai jelek, maka orang orang disekitarnya akan menuntut mereka bisa, akhirnya memaksa belajar matematika
8. Ketika dipaksa, dalam keadaan tak suka, ada rasa benci, tak akan bisa masuk apapun, malah akan membuat pusing dan stress.

Dalam satu komentar di papan tentang matematika mereka menuliskan sesuatu yang menggemaskan tentang perumpamaan belajar matematika
Menghitung jawaban matematika seperti menghitung rambut orang satu dunia

Ada lagi yang menuliskan bahwa menghitung rumus  sama dengan menghitung bakso satu Minggu.

Terlepas dari itu semua, mereka sangat memukau dengan bakat masing masing di bidang mereka masing masing. Dan saya sangat paham hal itu.

Lalu, bagaimana cara agar mereka bisa nilai matematika naik atau ada peningktan?


Kuncinya cuma satu, cintai dan sukai matematika, ketika sudah suka dengan matentika, apapun yang ada di matematika akan diterima dengan senang, dan jika seperti itu, matematika kan benar benar sangat mudah bagi mereka.
Semoga bermanfat.
Allahua'lam 

0 comments :

Post a Comment