My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Sunday, December 30, 2018

Laki-laki pencinta kucing

Ada seorang laki-laki dalam kehidupan saya yang mencintai kucing. Dan selain mencintai kucing semoga ia juga mencintai ...... hehehe...ah sudahlah.. 😊

Tapi kali ini akan bahas seseorang luar biasa pecinta kucing, bukan bahas laki-laki pencinta kucing dalam kehidupan sya saat ini. Tetapi membahas sosok yang lebih Istimewa yang patut kita teladani dan kita cintai salahsatunya dengan melaksanakan sunnah-sunnahnya.

Ya, laki-laki itu Rosulullah,
Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pecinta kucing yang sangat penyayang. Abu Hurairah seorang sahabat Nabi bahkan mendapat julukan bapak kucing karena kecintaannya pada binatang yang memiliki wajah yang lucu dan imut tersebut.
Rosulullah mempunyai kucing namaya muezaa (Muizzah)


anythingkitti.com

Kenapa Rosul memelihara kucing?
Rasulullah Saw menjawab: “Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” (H.R AlBaihaqi, AbdAl-Razzaq, Al-Daruquthni).

kucing di sekolah
Di sekolah tempat sya bekerja ada kucing, kucingnya lumayan lucu, saya sering melihat, memandang dan sesekali memberinya makanan, dalam benak saya, saya berpikir mungkin juga kucing Rosul selucu kucing sekolah ini. 

Kucing di sekolah ini tak tau dari mana, ketika saya mulai bekerja di seklah ini, kucing ini sudah ada. Apakah ada orang yang membelinya dan ditarh di sekolah, kurang tau juga.
Oh ya, tapi jual beli kucing termasuk jual beli yang dilarang. Namun hal ini perlu dirinci, manakah sebenarnya kucing yang tidak diperbolehkan dijual belikan dan mana yang dibolehkan. 

Dari Abu Az Zubair, beliau berkata bahwa beliau pernah menanyakan pada Jabir mengenai hasil penjualan anjing dan kucing. Lalu Jabir mengatakan,
زَجَرَ النَّبِÙ‰ُّ -صلى الله عليه وسلم- عَÙ†ْ Ø°َÙ„ِÙƒَ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang keras hal ini.” (HR. Muslim no. 1569).

1. Boleh tapi asalkan.......
Jika kucing itu bermanfaat, maka tidak masalah diperjualbelikan. Manfaat di sini tentu saja bukan hanya sebagai hewan hiasan, namun benar-benar manfaat bagi pemiliknya.

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Adapun larangan jual beli kucing dimaknakan untuk kucing yang tidak ada manfaat, atau dimaknakan pula larangannya adalah larangan tanzih (dihukumi makruh). Karena kucing sudah biasa diberi sebagai hadiah, dipinjamkan atau dalam rangka menolong orang lain diberi secara cuma-cuma. Inilah umumnya. Namun jika kucing tersebut bermanfaat, jual belinya jadi sah dan hasil jual belinya pun halal. 

2. Tidak boleh
Ibnul Mundzir, juga pendapat dari Abu Hurairah, Thowus, Mujahid dan Jabir bin Zaid menyatakan bahwa tidak boleh jual beli kucing. Alasan mereka adalah hadits di atas yang melarangnya. Sedangkan jumhur ulama (baca: mayoritas) berpendapat sebagaimana yang telah kami sebutkan dan inilah pendapat yang jadi rujukan.” (Syarh Shahih Muslim, 10: 213)







ada kucing lagi..


Kalau kucing saya jadi ingat quotes yang satu ini:

“Saya tidak peduli, apa itu kucing putih atau kucing hitam, sejauh kucing itu bisa menangkap tikus, itu kucing yang baik” kata pemimpin Cina Deng Xiaoping, dan negeri Cina makin maju seperti sekarang. Dia menyatukan perbedaan ideologi. “Pertikaian ideologi membuat Cina terbelakang”.


selalu kucing :)
Beberapa waktu yang lalu saya mnemukan postingan keren dari  @islamiQpedia di instagram menyebutkan bahwa ada beberapa fakta-fakta penelitian dari beberapa para ahli dokter (sumber @islamiQpedia) yang menyebutkan :
.
1). Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing.

2). Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.

3). Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing,

4). Manusia 1/4 anjing, kucing 1/2 manusia.

5). Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, Said Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bemama lysozyme.

6). Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll)

7). Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air.

8). Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Jadi, tak ada salahnya kita menjadi pencinta kucing,
Semoga bermanfaat
Allahua'lam

0 comments :

Post a Comment