My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Friday, January 8, 2016

Konsep Belajar Menurut Miskawaih dan Ibnu sina

Ibn Maskawaih membangun konsep pendidikan yang bertumpu pada pendidikan akhlak. Konsep pendidikan akhlak ini bertujuan untuk mewujudkan sikap batin yang mampu mendorong secara spontan untuk melahirkan semua perbuatan yang bernilaibaik, sehingga mencapai kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan sejati dan sempurna. Untuk mencapai tujuan tersebut, beliau merumuskan 3 hal pokok yang wajib dipelajari : hal-hal yang wajib bagi kebutuhan tubuh manusia, hal-hal yang wajib bagi  jiwa dan hal-hal yang wajib bagi hubungan sesama manusia.


Ibnu Sina menerangkan tujuan pendidikan memiliki tiga fungsi, yang pertama: tujuan itu menentukan haluan bagi proses pendidikan. Yang kedua: tujuan itu bukan hanya menen­tukan haluan yang dituju tetapi juga sekaligus memberi rangsangan. Yang ketiga: tujuan itu adalah nilai.

Berangkat dari pandangan tersebut, Ibnu Sina mengemukakan tujuan pendidikan adalah pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah perkembangannya yang sempuma, yaitu perkembangan fisik, intelek­tual dan budi pekerti”. Tujuan pendidikan menurut Ibnu Sina harus diarahkan pada upaya mempersiapkan seseorang agar dapat hidup di masyarakat secara bersama-sama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiap­an, kecenderungan dan potensi yang dimilikinya.
Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment