My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Wednesday, January 6, 2016

Absrak: Pengembangan Buku Ajar Berbasis Budaya Daerah pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV MI Al-Ma’arif 09 Singosari

Ini adalah karya ilmiahku. Semoga bisa menjadi referensi teman-teman yang sedang akan melakukan penelitian. :)


ABSTRAK


 
Elvianti, Evi. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Budaya Daerah pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV MI Al-Ma’arif 09 Singosari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembimbing: Bintoro Widodo, M.Kes.

 
Pengembangan buku ajar berbasis budaya daerah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar. Pengembanagan buku ajar ini didasarkan pada sulitnya penerapan pembelajaran tematik di kelas karena masih kurang terbiasa dengan pembelajaran model tematik. Selain itu di dalam lapangan ditemukan masih kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai budaya daerah. Padahal budaya adalah sesuatu yang dekat dengan lingkungan peserta didik, sehingga diharapkan akan menjadi pendorong dalam peneningkatan hasil belajar peserta didik. Melalui buku ajar berbasis budaya daerah, diharapkan peserta didik dapat termotivasi dan memperoleh pengetahuan baru mengenai budaya daerah sekitar sehingga  peserta didik dapat melestarikan nilai-nilai budaya yang positif dan menjadi bangga terhadap Indonesia. Buku ajar ini berupa buku ajar tematik berbasis budaya daerah untuk kelas IV SD/MI pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku.  
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis budaya daerah yang memiliki tingkat validitas pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkungaku dengan objek penelitian peserta didik kelas IV MI AL-Ma'arif 09 Singosari Malang, mengetahui desain buku ajar berbasis budaya daerah dan menjelaskan pengaruh buku ajar terhadap hasil belajar peserta didik.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey.
Hasil dari penelitian pengembangan buku ajar berbasis budaya daerah pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku untuk kelas IV memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli isi/materi mencapai tingkat kevalidan 82,30%, ahli desain mencapai 86%, ahli pembelajaran kelas IV mencapai 84%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 88,56%, hasil belajar peserta didik rata-rata nilai pre-test 51,6 dan nilai post-test 80,0. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4,241 1,711 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku ajar berbasis budaya daerah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
 
Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, budaya daerah, subtema keberagaman makhluk hidup, kelas IV SD/MI.

0 comments :

Post a Comment