ABSTRAK
Elvianti, Evi. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Budaya Daerah pada Subtema
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV MI Al-Ma’arif 09 Singosari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembimbing: Bintoro Widodo, M.Kes.
Pengembangan buku ajar berbasis
budaya daerah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran
yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar. Pengembanagan buku ajar ini didasarkan
pada sulitnya penerapan pembelajaran tematik
di kelas karena masih kurang terbiasa dengan pembelajaran model tematik. Selain
itu di dalam lapangan ditemukan masih kurangnya pengetahuan peserta didik
mengenai budaya daerah. Padahal budaya adalah
sesuatu yang dekat dengan lingkungan peserta didik, sehingga diharapkan akan
menjadi pendorong dalam peneningkatan hasil belajar peserta didik. Melalui
buku ajar berbasis budaya daerah, diharapkan peserta didik dapat termotivasi
dan memperoleh pengetahuan baru mengenai budaya daerah sekitar sehingga peserta didik dapat melestarikan nilai-nilai
budaya yang positif dan menjadi bangga terhadap Indonesia. Buku ajar ini berupa
buku ajar tematik berbasis budaya daerah untuk kelas IV SD/MI pada subtema
keberagaman makhluk hidup di lingkunganku.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan
buku ajar berbasis budaya daerah yang memiliki tingkat validitas pada subtema
keberagaman makhluk hidup di lingkungaku dengan objek penelitian peserta didik
kelas IV MI AL-Ma'arif 09 Singosari Malang, mengetahui desain buku ajar
berbasis budaya daerah dan menjelaskan pengaruh buku ajar terhadap hasil
belajar peserta didik.
Bentuk penelitian yang digunakan
oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang
mengacu pada model Dick and Carrey.
Hasil dari penelitian pengembangan
buku ajar berbasis budaya daerah pada subtema keberagaman makhluk hidup di
lingkunganku untuk kelas IV memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli isi/materi
mencapai tingkat kevalidan 82,30%, ahli desain mencapai 86%, ahli pembelajaran
kelas IV mencapai 84%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 88,56%, hasil
belajar peserta didik rata-rata nilai pre-test 51,6 dan nilai post-test 80,0. Pada uji-t manual dengan
tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu
4,241 ≥ 1,711 artinya H0 ditolak
dan H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap buku ajar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang
dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku
ajar berbasis budaya daerah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, budaya daerah, subtema keberagaman makhluk hidup,
kelas IV SD/MI.
0 comments :
Post a Comment