My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Wednesday, February 6, 2013

Perjuangan Menuju Pantai Kemerdekaan Sejati

Untuk mengisi hari-hari ku liburan, iseng aku buka lagi buku-buku tentang sejarah bangsa Indonesia. La setidaknya untuk mengenang cerita dari guru guru ku waktu menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia lah...

La intinya bangsa Indonesia sebelumnya damai dengan hasil rempah-rempah yang telah ada. Bahkan banyak orang luar negri yang membeli rempah-rempah.
Tapi diluar dugaan Portugis datang ke Indonesia dipimpin oleh Antonio, tujuannya ingin memperoleh rempah0rembah untuk kebutuhan obat mereka dan untuk minuman mereka.

Tapi mereka itu ngin memperoleh rempah-rempah dengan harga yang murah dari Indonesia.
Karena itu Portugis ingin menguasai Nusantara.

La..kebetulan waktu Portuis datang, Kerajaan Ternate dan Tidore bersi tegang dan Portugis memanfaatkan hal itu untuk merebut kekuasaan. Alhasil berhasillah Portugis bakan sempat embuat benteng di Ternate.

Tapi akhirnya Belanda menyusul ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis untuk menguasai wilayah Nusantara. La akhirnya kekuasaan Portugis digantikan oleh Belanda.
Inilah awal petaka kesengsaraan Bangsa Indonesia,,,
Belanda membuat VOC untuk habiss-habisan mengeruk hasil kekayaan Nusantara. Rakyatbahkan disruh kerja rodi dan rempah2 dibeli dengan harga yang sangat murah sekali.

La .akhirnya kekuasaan Belanda digantikan oleh Jepang Ya..tak jau beda rakyat juga sama menderitanya..bahkan diadakan perlawanan yang bersifat kedaerahan tapi ya gitu gak mempan...

Tapi akhirnya....ada pergerakan Nasional sepert Budi Utomo. SI dan lain -lain.
Setelah itu diadakan kongres Pemuda.

La pas Jepang ini menjajah, pangkalan perang Jepang dikuasai oleh Sekutu. Akhirnya Jepang itu membaik-baikkan Indonesia untuk dapat embantunya dalam perang Asia Timur Raya. Bahkan sempat memberi janji kemerdekaan. Lalu dibuat BPUPKI untuk kemerdekaan.
dan Akhirnya 17 Agustus Indonesia Merdeka


La itulah...ceritanya..mga bermanfaat kawan..

Wallahu 'alam Bishawab..

0 comments :

Post a Comment