My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Sunday, October 7, 2012

NABI TERSIHIR????

NABI TERSIHIR??????/




Itulah judul buku yang telah aku baca kemarin, pertama kali lihat judul tersebut rasanya ada ketertarikarikan untuk membaca terasa kuat sekali...akhirnya aku baca.
Ternyata beberapa perowi hadist telah menulis salah satu asbabuul nuzul [1]dari surah Al-Mu’awwidzatain[2] adalah karena Nabi Muhammad tersihir makanya surat-surat tersebut turun. La anggapan kalau Nabi terkena sihir tersubut didasari oleh sejumlah riwayat yang dibawakan oleh ulama syiah dan sunni.
Rincian yang dibawa oleh kaum syiah yaitu:
1.      Furat Bin Ibrahim dalam Tafsir Furat Al-Kufi[3], yang mengutip sebuah riwayat dari Abdurrohman bin Muhammad Al-Alaway
Menurut kajian sanad[4]: nama Abdurrohman bin Muhammad Al-Alawiy. Ia adalah seorang perowi yang misterius. Para ulama tidak menyebutkan data pribadinya.

Teks riwayat dari jalur Ahlussunnah:
1.      Riwayat Bukhari
Bukhari membuat riwayat tentang tersihirnya Nabi dalam berbagai kesempatan
a.       Hadist pertama dalam kitab Bad’u Al-Khalq,bab Shifat Iblis wa Junuudihi (hadist nomer 3268)
b.      Hadist ke-2 dalam kitab Al-Thibb, bab Al-Sihir (hadist nomer 5763)
Dan masih banyak lagi yang tak mungkin kusebutkan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca buku Nabi Tersihir karangan Ali Umar Al-Habsyi.1998.yang diterbitkan oleh Yayasan As-Sajjad
Dan masih ada beberapa riwayat teks yang isinya nabi pernah disihir yaitu:
1.      Riwayat Muslim
2.      Riwayat Al Nasai
3.      Riwayat Ahmad
4.      Riwayat Al- Baihaqi
5.      Riwayat Al-Baghdawi
Dan beberapa riwayat lainnya yang tak mungkin disebutkan. Jika ingin tau lebih jauh tebtang teks hadistnya dan sekaligus artinya bisa baca langsung dalam buku yang telas aku sebutkan dan aku warnai ijo di atas.
Penelitian Matan:[5]
1.      Dari riwayat yang telah disebutkan bahwa sihir yang telah Nabi rasakan bukan hanya berpengaruh kepada fisik Nabi saja melainkan berpengaruh pada jiwa dan akal Nabi. Pengaruh tersebut sangat berat hingga Nabi membayangkan telah melakukan sesuatu hal padahal tidak dan sampai-sampai Beliau berjlan meraba karena penglihatan beliau menjadi kabur.
Semua ini sangat bertentangan dengan kemaksuman (keterjagaan) beliau dalam tindakan dan ucapan dari kesaahan dan penyimpangan

Dan ada beberapa alasan lain yang menolak teks hadist yang isinya bahwa nabi pernah tersihir.
Silahkan lihat bubunya jika ingin membacanya yah,.....
Jadi intinya Anggapan tersihirnya Nabi adalah anggapan yang hanya bersandar pada riwayat-riwaya tpalsuyang terlanjur diterima karena kurangnya penlitian dan karena sebab-sebab lain.

Sumber:
buku Nabi Tersihir karangan Ali Umar Al-Habsyi.1998.yang diterbitkan oleh Yayasan As-Sajjad

Wallahu a’lam bishawab




[1] Sebab-sebab turun surah Al-Quran
[2] Surat Al-Falaq dan Surat An Naas
[3] Tafsir Furat Al Kufi hal 619: No.774
[4] Sanad, adalah orang-orang yang menjadi sandaran dalam meriwayatkan hadis. Dengan kata lain, sanad adalah orang-orang yang menjadi perantara dari Nabi Muhammad saw ke
perawi.

[5] Matan, adalah perkataan yang disampaikan

0 comments :

Post a Comment