My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Sunday, March 15, 2015

PTK: Keterampilan Menulis Laporan Diskusi Sederhana dengan metode Jigsaw


Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan PTK di SDIT Insan Permata . Saya mencoba menerapkan metode jigsaw karena saya rasa metode ini cocok untuk karakteristik kelas tersebut. Mereka suka bercerita, diskusi, berbincang-bincang dengan teman. Mereka sangat aktif sekali. Ini hasil penelitian saya. semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang melakukan penelitian ataupun Ibu dan pak guru yang di kelas. Ini abstrak dari penelitian saya.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Elvianti, Evi, 2015. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan   Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas II Nabi Sholih SDIT Insan Permata Malang. Penelitian Tindakan Kelas. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.. Dosen Pembimbing Lapangan: Bintoro Widodo, M. Kes
  -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kata Kunci: Metode Jigsaw, Keterampilan menulis laporan didkusi   
Keterampilan menulis dianggap sulit maka dalam pembelajaran, setidaknya harus terdapat tiga komponen utama yang saling berpengaruh dalam proses belajar-mengajar. Ketiga komponen tersebut adalah (1) kondisi pembelajaran (2) metode pembelajaran, dan (3) hasil pembelajaran.Dalam pembelajaran tentang air dan berdiskusi, siswa di kelas II Nabi Sholih belum bisa memaksimalkan keterampilan menulis hasil diskusi. Sehubungan dengan permasalahan di atas, maka upaya peningkatan keterampilan menulis laporan hasil diskusi dalam prosses pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk dilakukan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga dapat menjembatani kesenjangan tersebut adalah model pembelajaran kooperatif jigsaw.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian  Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tahapan penelitian tindakan ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, dan 4).Refleksi. sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lapangan.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw terbukti dapat meningkatkanketerampilan menulis laporan hasil diskusi kelas II nabi Sholih di SDIT Insan Permata. Peningkatan keterampilan menulis laporan dapat dilihat dari hasil penilaian pada  sklus I   dan siklus II.  Hasil penulisan laporan  pada siklus I yaitu 93,4 % dari jumlah seluruh peserta didik kelas II Nabi Sholih memperoleh nilai 3 dengan katagori” baik”, pada siklus II meningkat mejadi 90% yang mendapat nilai 4 dengan katagori “baik sekali”.    

Allahu a'lam

0 comments :

Post a Comment