Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan PTK di SDIT Insan Permata . Saya mencoba menerapkan metode jigsaw karena saya rasa metode ini cocok untuk karakteristik kelas tersebut. Mereka suka bercerita, diskusi, berbincang-bincang dengan teman. Mereka sangat aktif sekali. Ini hasil penelitian saya. semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang melakukan penelitian ataupun Ibu dan pak guru yang di kelas. Ini abstrak dari penelitian saya.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Elvianti, Evi, 2015. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Laporan Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas II Nabi Sholih SDIT Insan Permata Malang. Penelitian Tindakan Kelas. Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Universitas
Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.. Dosen Pembimbing Lapangan:
Bintoro Widodo, M. Kes
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kata
Kunci: Metode
Jigsaw, Keterampilan menulis laporan didkusi
Keterampilan
menulis dianggap sulit maka dalam pembelajaran, setidaknya harus terdapat tiga
komponen utama yang saling berpengaruh dalam proses belajar-mengajar. Ketiga
komponen tersebut adalah (1) kondisi pembelajaran (2) metode pembelajaran, dan
(3) hasil pembelajaran.Dalam pembelajaran tentang air dan berdiskusi, siswa di
kelas II Nabi Sholih belum bisa memaksimalkan keterampilan menulis hasil
diskusi. Sehubungan
dengan permasalahan di atas, maka upaya peningkatan keterampilan menulis
laporan hasil diskusi dalam prosses pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan
suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk dilakukan. Salah satu pendekatan
pembelajaran yang diduga dapat menjembatani kesenjangan tersebut adalah model
pembelajaran kooperatif
jigsaw.
Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif
dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Tahapan penelitian tindakan ini dilakukan dengan 4 tahap,
yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, dan 4).Refleksi.
sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi yang
dilakukan secara langsung di lapangan.
Hasil
peneltian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw
terbukti dapat meningkatkanketerampilan menulis laporan hasil diskusi kelas II
nabi Sholih di SDIT Insan Permata. Peningkatan keterampilan menulis laporan
dapat dilihat dari hasil penilaian pada sklus I dan siklus
II. Hasil penulisan laporan pada siklus I yaitu 93,4 % dari jumlah
seluruh peserta didik kelas II Nabi Sholih memperoleh nilai 3 dengan katagori”
baik”, pada siklus II meningkat mejadi 90% yang
mendapat nilai 4 dengan katagori “baik sekali”.
Allahu a'lam
0 comments :
Post a Comment