My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Thursday, October 20, 2016

Membiasakan Sejak Dini Sholat Dhuha

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib kita jalankan, terutama sholat fardhu.  Mebiasakan anak sholat sejak dini itu sangat penting. Hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengajarkan gerakan sholat pada anak. Setelah itu ditambah niatt sholat hingga bacaan-bacaan yang di baca ketika sholat.

Sekolah adalah salah satu naungan yang wajib mengajarkan anak untuk membiasakan sholat sejak dini selain di keluarga. Beberapa sekolah sudah menerapkan sholat dhuha sebelum pelajaran dimulai disertai membaca bacaan sholat dengan suara (bukan dalam hati) untuk kelas bawah.

Membiasakan sholat memang susah, apalagi supaya anak khusuk. Perlu menyadarkan dan memahamkan mereka akan penntingnya sholat.

Sholat dhuha dimulai saat bel masuk berbunyi pukul 07.00 tepat.Mereka sudah harus punya wudhu dari rumah dan langsung membuat barisan shof dan siap melaksanakan sholat dhuha. Sekitar 15 menit lalu ditambah dzikir dan doa sesudah sholat dhuha

Suasana sholat dhuha sebelum pelajaran dimulai di kelas

Jika hari Juma't sholat dhuha dilaksanakan di halaman sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-6. Serta memanjatkan doa secara bersama-sama.
 
Ketika sholat dhuha pada hari Jum'at

Semoga dengan pembiasaan sholat dhuha, mereka bisa menerapkan  hal yang serupa meskipun mereka libur sekolah dan dapat menerapkannya sampai mereka dewasa.
Allahua'lam

0 comments :

Post a Comment