My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Saturday, August 18, 2018

Seminar Parenting: Agar Anak Hafal Al-Qur'an

Seminar yang keren dan bermanfaat ini, tak ada nama saya yang ditunjuk untuk ikut, tapi sekali lagi Allah Maha Baik, salah satu teman berhalangan hadir, dan beberapa teman sudah dihubungi untuk menggantikan. Tapi tidak ada. Alhamdulillah, saya di calling untuk menggantikan. Rasanya benar-benar sangat berayukur.

Pembicara Ust Fatin, Ustadz Ida, dan hafidzul Quran A. Fawwas. Saya benar-benar sangat terharu dan akhir penutupan seminar sempat kelaur air mata dan saya bersyukur bisa bertemu dengan sosok yang sangat luar biasa. Hari ini benar benar dalam diri saya ada tekad yang luar biasa, ada keinginan untuk belajar dan belajar.

Karena seminarnya parenting, bukan berarti saya yang belum berkeluarga tidak bisa mengambil manfaat dari hari ini. Dlm seminar juga ada beberapa terselip untuk memilih pasangan agar nanti bisa melahirkan hafidz, hafizah, yaitu seseorang yang satu visi dan misi dengan saya. 

Tips agar anak hafal Al-Qur'an sudah sya rangkum, dan sya akan share bberapa yang saya dapat dari seminar:
1. Talqin setelah subuh, minimal 3 ayat
2. Habis ashar/ maghrib murajaah
3. Ayah dan ibu harus punya visi dan misi yang sama
4. Ketika anak dalam kandungan dibacakan Alquran, 1 bulan 3 atau 4 juz.
5. Umur 0-7 juga dibacakan Alquran juga
6. Harus yakin, karena dengan keyakinan tidak ada yang tdak mungkin
7. Anak pertama itu sebagai kunci, maka selalu berusaha agar anak pertama bisa menjadi contoh bagi adik adiknya
8. Ajak teman teman anak kita untuk menghafal, agar anak kita yang hafalan tak merasa sendiri dalam menghafal
9. Ajarkan ikhlas beramal
10. Hindarkan anak anak dari hal hal yang dilarang Allah
11. Unsur hafal Quran: ortu, anak, guru, kurikulum
12. Memberikan hadiah jika hafal sesuai target, bisa stiker, pujian, doa, jalan jalan, dan lain lain.

Semoga bermanfaat
Wallahu a'lam

0 comments :

Post a Comment