My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Thursday, May 16, 2013

Inovasi Pembelajaran



Saya ambil dari buku: (gaya mengajar yang menyenagkan siswa , Suparman S. 2010 Jogkarta :Pinus book publisher.)

1.     Jalan-jalan sambil belajar
Dalam film laskar pekangi juga dicontohkan pembelajaran seperti ini. Dimana Bu Guru muslimah mengajak siswanya  keluar ke alam, berjalan-jalan sambil mempelakari apa apa yang dilewati.
Suasana yang fleksibel dan  nyaman daat menyegarkan proses berfikir dan menetramkan suasana hati. Dan karena efek positif ini biasanya siswa lebih aktif mengajukan pertanyaan dengan keingintahuan yang sangat tinggi. Hal ini juga dapat mengobati dan menghindari kejenuhan dan kebosanan dalam kelas.
Selama berjalan-jalan, siswa diberikan dan diajarkan seputar apa yang mereka lihat. Untuk mengaktifkan dan mngefesienkan waktu berjalan-jalan sebaiknya guru terlebih dahulu memilih tempat yang akan dikunjungi atau dilewati saat berjalan-jalan sebab, jangan sampai jalan-jalan tidak akan menghasilkan apa-apa dan hanya membuang waktu dan tenaga siswa. Misalnya ketika guru ingin mengajar biologi (misalnya tentang tumbuhan), maka tempat jalan-jalan yang akan dipilih tentunya tempat yang banak tumbuhannya. (hal156)
2.     Bercerita, Melatih Keberanian dan kepercayaan diri siswa
Tidak bisa dipungkiri bahwa biasanya ada anak yang pemalu, minder, dan tidak percaya diri ketika berbicara di depan orang banyak. Melalui cara ini semua itu bisa dihilangkan dengan berlahan. Selain dari dalam diir anak, juga sangat penting adalah motivasi guru untuk senantiasa membangkitkan kepercayaan diri dan keberanian siswa.
3.     Bermain sambil belajar
a.     Bermain di dalam rungan
Tujuan: untuk menghindari atau menghilangkan kejenuhan, kebosanan dan perasaan mengantuk selama proses pembelajaran.
Permainan bisa berupa teka-teki, pertanyaan-pertanyaan yang memancing logika, daya analitik, dan daya nalar.
b.     Bermain di luar kelas (outbound )
Permainan yang diterapkan bermacam-macam misalnya mengisi pipa bocor dan hal ini untuk melatih  kekompakan, membangun kepribadian dan yang paling penting ebagai ajang refresing.(hal 171-17)


4.     Menonton sambil belajar
Sebenarnya belajar sambil menonton akan berujung pada proses diskusi dan akan muncul banyak pendapat. Dan belajar melalui menonton lenih efektif dibandingkan hanya teori-teori. (hal 179)

5.     Bernyayi sambil belajar
Usia dini adalah usia bermain. Setiap anak adalah pribadi yang unik. Bermain serta bernyayi adalahkegiatan yang serius tapi mengasikkan bagi mereka. Dan ragam nada dan suara yang berirama bisa disebut dengan lagu. Jadi musik atau lagu merupakan satu kesatuan dan dapat digunakan sebagai media atau sarana dalam proses pembelajaran. (hal 181)
Semoga Bermanfaat..Amiinnn.....

0 comments :

Post a Comment