My Life

Libatkan Allah dalam setiap urusan

Monday, April 29, 2013

Variasi gaya mengajar



Tujuan dari variasi mengajar adalah untuk menarik dan meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran, memberi kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan bakat terhadap berbagai hal baru, menanamkan perilaku positif anak didik dalam pembelajaran , serta memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai denagn tingkat perkembangan dan kemampuannya .

Variasi gaya mengajar meliputi beberapa aspek :
a.     Variasi suara
Variasi suara yang dimaksud adalaha dalam hal intonasi , volume, nada ,kecepatan , serta isi pembicaraan dan penggunaan bahasa.
b.     Penekanan
Penekanan berfungsi untuk menfokuskan perhatian siswa pada materi, digunakan penekanan verbal.penekanan tersebut biasanya dikombinasikan denagn gerakan anggota badan yang dapat menunjukkan dengan jari, memberi tanda pada papan tulis , atau dengan perubahan mimik wajah .
c.      Kontak pandang
Bila guru berbicara atau berinteraksi denagn siswa sebaiknya mengarahkan pandanagn ke seluruh kelas
d.     Gerakan anggota badan
Dalam “psikologi komunikasi  “ karya Jalaluddin Amad, gerakan anggota badan bisa disebut sebagai petunjuk kinesik. Misalnya, menadahkan tanagn berarti meminta atau memohon, menundukkan kepala berarti merendah.
e.      Pindah posisi
Peroindahan posisi guru dalam ruang kelas dapat membantu menarik perhatian siswa dapat meningkatkan kepribadian guru. Gerakan tersebut misalnya dari depan ke belakang ,  dari sisi kiri ke kanan.


(gaya mengajar yang menyenagkan siswa , Suparman S. 2010 Jogkarta :Pinus book publisher halaman 87-91 )

0 comments :

Post a Comment